Captain America Civil War: Kesempurnaan yang Tak Sempurna

Marvel Cinematic Universe kembali membuat publik takjub dengan sekuel terbaru Captain America, yaitu Captain America Civil War.

Mengambil setting setelah kejadian di Avengers Age of Ultron, setelah kehancuran berbagai kota yang diakibatkan dari aksi para Avengers saat menyelamatkan dunia, pemerintah dunia sepakat untuk membuat aturan yang secara tidak langsung akan mengendalikan para Avengers agar tidak ada lagi kehancuran dan korban yang tak berdosa. Inilah titik awal perseteruan antara Iron Man yang menyetujui gagasan pemerintah, dan Captain America yang menentangnya. Dari sinilah awal terbentuknya dua kubu berlawanan dalam Avengers.

Perseteruan ini juga semakin ramai dengan munculnya beberapa karakter baru seperti Black Panther dan Spiderman. Konflik yang terjadi di sini pun tidak sesederhana perseteruan beda pendapat. Dimasukkannya konflik pribadi antar karakter semakin membuat film ini menarik dan mengejutkan. Di film ini kita bisa mengetahui sisi terdalam dari Iron Man dan Captain America. Mereka menunjukkan emosi dan diri mereka sendiri.

152

 

Untuk pemeran, saya merasa yang paling menonjol bukanlah Steve Rogers ataupun Tony Stark. Namun Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch, yup dia luar biasa. She got that aura of hero. Untuk kali ini saya harus mengakui bahwa aktingnya brilian. Bisa menunjukkan kerapuhan, kekuatan, dan rasa tidak percaya diri dengan bersamaan.

Zemo

Villain utama film ini, Baron Zemo memang kurang menonjol. Tidak terasa atmosfer kejam dari Baron saat beraksi. Keadaan Baron yang hancur pun tidak terasa sama sekali. Jujur saja menurut saya, Daniel Bruhl tampil tidak terlalu “villainy”. Permainan Baron Zemo juga tidak terlalu mengejutkan. Saya bahkan bisa menebaknya sejak awal bahwa ia adalah villain utama. Apa yang ia rencanakan, apa yang sebenarnya terjadi, dan siapa ia. Walaupun memang pada adegan klimaks saya agak terkejut mengetahui rencana sebenarnya dari Zemo sendiri.

Audio Visual

Musiknya pun terasa hambar. Hanya sekadar musik pengantar dan latar belakang dari film. Tidak ada kesan istimewa yang ditinggalkan. Musik tidak bisa membangun emosi penonton untuk ikut mendalami adegan demi adegan dalam film. Musik hanya seperti sekadar menjadi latar belakang yang mengantarkan penonton mengikuti cerita.

Dari segi visual, saya merasa ini adalah hasil pekerjaan terbaik dari Marvel. Sudut pengambilan gambar yang pas, teknik cut to cut yang cepat, merupakan salah satu faktor pendukung utama. Apalagi saat adegan perkelahian Black Widow dan Winter Soldier serta antara Captain America dan Iron Man. Walaupun memang apa yang Russo bersaudara lakukan masih sangat merepresentasikan ciri khas Marvel, tetapi tetap saja teknik visualnya jauh lebih baik dari pada film-film MCU sebelumnya.

Civil War juga saya rasa menjadi film Marvel yang menggunakan CGI seperlunya dan tidak berlebihan. Berbeda dengan film MCU sebelumnya seperti Avengers, Avengers Age of Ultron, Iron Man, dan lain-lain. Civil War mempunyai adegan-adegan yang menurut saya tidak terlalu heboh dan hanya mengandalkan CGI semata. Tidak ada adegan sebuah kota yang terbang ke angkasa atau sepasukan alien yang menginvasi dunia. Civil War minim CGI berlebihan. Dan hal ini sangat membantu dalam segi kekuatan cerita. Cerita yang dituturkan menjadi lebih kuat dan memegang kendali.

Film ini juga tidak kehilangan element of surprise. Beberapa adegan akan bisa mengejutkan penonton. Entah itu dari sisi visual, maupun jalan cerita. Film ini sangat mencirikan film Marvel yang penuh humor apik dan tak berlebihan. Humor yang pas sering kali dilontarkan dari Ant-Man dan Spiderman, sesuai dengan ciri khas mereka. Marvel berhasil melakukan promosi yang pas tanpa harus membocorkan sebagian besar jalan cerita.

Secara keseluruhan film Captain America ini sama sekali tidak mengecewakan, kualitas yang mumpuni dan jalan cerita yang apik menjadi kekuatan utama. Film ini juga berhasil membuka pintu menuju MCU menjadi lebih lebar dan menarik lagi. This movie is worth to watch even though there are still some glitches in it.

8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s