Cargo: Zombie Mengharukan

 

Sutradara: Ben Howling, Yolanda Ramke

Penulis: Yolanda Ramke

Durasi: 7 Menit

111

Film zombie yang tidak berfokus pada zombie, itulah Cargo. Menjadi salah satu finalis di Tropfest Festival 2013, salah satu festival film pendek terbesar di dunia yang dilaksanakan di Australia. Cargo bercerita tentang seorang ayah yang terperangkap di tengah-tengah bencana zombie. Ia merancang sebuah rencana untuk melindungi kargo yang paling berharga yang ia bawa: anaknya yang masih bayi.

Film dimulai dengan adegan seorang ayah yang tersadar dari kecelakaan mobil saat sedang terjadi bencana zombie. Ia melihat ke sisi istrinya yang ternyata sudah berubah menjad zombie, mata putih, kulit rombeng-rombeng, dan sesekali menggeram. Sempat diserang dan diggt, si ayah berhasil menyelamatkan diri dan membawa serta anaknya, seorang bay perempuan. Sadar bahwa waktu hidupnya sebelum menjadi zombie hanya tinggal menghitung jam, ia pun menyusun rencana, bahwa apapun yang terjadi anaknya haruslah selamat. Rencana yang ia lakukan sekilas memang tampak tak menjanjikan, namun hanya itu yang bisa ia lakukan.

112

 

Film zombie biasanya identik dengan adegan gore dan horor. Namun Cargo tak punya itu semua. Minim adegan berdarah, minim horor jump scare. Bahkan zombie yang ditampilkan pun hanya dua, si ibu dan ayah. Cargo memang menjadikan perjuangan seorang ayah sebagai foreground, dan bencana zombie sendiri background. Singkatnya Cargo adalah film zombie yang tak punya zombie.

Sinematografi yang begitu luar biasa, menyoroti bagaimana keadaan dunia setelah apocalypse terjadi. Sepi, sunyi, seperti tak terganggu apapun, membuatnya begitu dekat dan membawa penonton merasa hal itu sedang terjadi di halaman belakang rumah. Lalu dengan musik yang begitu tenang, membantu suasana sedih dan putus asa sang ayah yang sadar kalau nyawa anaknya dalam bahaya. Tak ada musik yang mencekam, yang ada hanya musik menyayat hati yang membuat kita merasa seakan sedang berada di pemakaman. Cargo mampu memasukan beragam emosi ke dalam durasi yang begitu singkat.

Cargo adalah sebuah tontonan wajib bagi seorang penggemar film indie, zombie, dan cerita tragis tentang keluarga. Cargo tidaklah menyeramkan, namun menegangkan. Ditulis dengan luar biasa rapi dan premis yang sederhana namun menohok hati. Cargo membuat kita tersadar, bahwa orangtua rela melakukan apapun demi keselamatan anaknya. Memberikan waktu 7 menit untuk menonton film ini, akan menjadi keputusan terbaik anda.

Link film: https://www.youtube.com/watch?v=gryenlQKTbE

 

Rating: 9/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s